Monday, July 7, 2008

Menggunakan Modem 3G Huawei E220 dengan Vodafone Mobile Connect Card Driver for Linux

Saya mendapat notebook baru Compaq Presario V3000 dengan default OS yang terinstal adalah Windows Vista Basic. Namun saya cuma bisa bertahan 2 hari saja akibat ketidaknyamanan yang ditimbulkan olehnya 8--)), lalu saya downgrade ke Windows XP. Setelah saya mengganti OS saya dari Windows Vista Basic menjadi XP, saya merasa kegerahan juga, akhirnya saya putuskan di-scratch saja deh, untuk diinstall Linux, namun saya bingung juga mau diinstall distro apa? Sambil search sana sini lewat Google, akhirnya saya dapatkan sebuah Distro Linux yang relatif mudah/baru dengan tampilan yang menawan seperti Mac OS, dan instalasinya juga sangat-sangat mudah sekali, Distro ini diciptakan oleh David Liu, nama distro ini adalah gOS(Good Operating System) Linux, yang merupakan turunan dari Ubuntu 7.10 dengan kode Gutsy. Pertama kali dibundel bersama sebuah PC dengan merek gEverex PC, dan dijual di toko Wal-Mart seharga US$199. Dan sangat laris manis. Versi gOS terakhir ada 3 tipe, gOS Space, gOS Rocket G dan gOS Rocket E.

Nah akhirnya saya memilih yang gOS Rocket E. Ini versi paling ringan, dengan dipersenjatai oleh Enlightment. Instalasinya sendiri relatif mudah dan cepat. Yang saya harapkan dari distro ini adalah kemampuan untuk bisa menggunakan Modem 3G HDSPA Huawei E220 yang saya miliki, modem ini saya dapat karena saya berlangganan lewat Indosat IM2, dengan paket bundling, harganya dulu dipasaran sih sekitar 2 jutaan. Setelah googling kesana kemari, akhirnya saya bisa dapatkan caranya di https://forge.betavine.net/projects/vodafonemobilec.

Vodafone melaui komunitas betavine(merupakan bagian dari grup R&D Vodafone)menelurkan software Vodafone Mobile Connect Card driver for Linux yang merupakan user interface untuk perangkat GPRS/UMTS/HSDPA, software ini ditulis dalam bahasa pemrograman Python, lisensinya sendiri GPL. Saat ini device yang didukung oleh software ini baru 3 buah, Huawei E220, Huawei E620 dan Option GlobeTrotter 3G + EMEA.
Fitur-fiturnya:
  • Data call handling
  • Send/Receive SMS
  • SIM phone book management
  • Graphical user interface dengan GTK
Langkah-langkah mensetup modem 3G Huawei :
  • Pertama saya coba lihat kernel dari sistem operasi gOS saya, dengan mengetikkan uname -sr akan muncul sbb : Linux 2.6.22-14-generic. Kernel ini sudah support gsm modem, gsm modem dikenali sebagai modem murni, tidak dianggap sebagai storage. Minimal kernel kita sudah harus 2.6.17, makin tinggi makin baik, jika belum support kernel dengan level itu, sebaiknya diupgrade dulu kernelnya. Namun untuk gOS tidak perlu upgrade lagi, karena versi kernelnya sudah cukup tinggi dan sudah mengakomodir gsm modem.
  • Terus tancapkan usb modem 3G Huawei, kemudian saya ketikkan dmesg, akan muncul message sbb :
  • Karena saya menggunakan gOS yang merupakan turunan Ubuntu, maka saya mendownload file vodafone-mobile-connect-card-driver-for-linux-2.0.beta2-ubuntu-installer.run di tempat ini. Lakukan chmod 755 pada file vodafone.
  • Lalu jalankan ./vodafone-mobile-connect-card-driver-for-linux-2.0.beta2-ubuntu-installer.run
  • Setelah muncul Installation Complete! Maka akan muncul menu di bagian Applications-->Internet-->Vodafone Mobile Connect Card for Linux
  • Klik saja, lalu akan muncul sbb :
  • Dan akan muncul box dialog sbb :
  • Ini menandakan Modem 3G Huawei dideteksi oleh Vodafone, klik OK saja. Lalu akan muncul untuk meload konfigurasi dari Indosat sbb :
  • Klik Load button, dan akan muncul sbb :
  • Edit Profile Name, jika anda ingin merubahnya. Masukkan Username dan Password yang diberikan oleh ISP anda, kalo saya pakai indosat, Pilih Preferred Connection : 3G preferred, pilih Authentication mode : PAP dan isi APN host dengan APN ISP anda, , lalu uncheck use static dns, biarkan ISP anda menset otomatis. Lalu klik tombol OK.
  • Klik tombol Connect, untuk koneksi ke ISP, jika berhasil tombol Connect menjadi tombol Disconnect. Jika muncul DNS gagal, atau Card/Koneksi tidak terdetek, ulangi lagi, demikian seterusnya sampai dapat, biasanya kalau nggak dapat sinyal keluar message seperti itu. Berikut tampilannya setelah berhasil konek ke Internet :
  • Cobalah browsing ke website, Jika berhasil, Selamat anda sudah berhasil konek ke internet dengan Modem 3G Huawei di gOS Linux!!!
  • Berikut gambar Internet Usage dari Vodafone :
  • Catatan tambahan : setelah saya berhasil dengan versi 2 beta 2, saya coba upgrade ke 2 beta 3, namun waktu koneksi gagal melulu, kelihatannya ada bug di beta 3, jadi saya downgrade lagi ke beta 2.

3 comments:

Dodi said...

Makasih Infonya sangat berguna..

Beni Santoso said...

Sama-2 Mas Dodi

ma2d_te said...

manstebs boz... it's useful for us.

thanks
mamadzus

Blog beni-santoso.blogspot.com telah memiliki alamat dan hosting baru dengan alamat www.benisantoso.info