Saturday, January 12, 2008

Sekilas versi dan fitur Endian Firewall

Instalasi endian firewall(saya singkat menjadi efw) yang saya tulis sebelumnya, adalah versi stabil terakhir dari efw, yaitu versi 2.1.2. Versi ini mengalami banyak perkembangan yang cukup signifikan dibanding versi - versi awalnya.

Secara sekilas EFW dikembangkan oleh sebuah perusahaan asal Italia yang berdomisili di Bolzano, Italia. Semenjak EFW dirilis ke komunitas open source pada tahun 2004, mengalami perkembangan yang cukup pesat. EFW sendiri merupakan turunan dari smoothwall dan ipcop, based distro-nya adalah Redhat.

EFW memiliki development roadmap-nya yang cukup jelas. Kemampuannya sebagai UTM(unified threat management) tidak kalah dengan UTM - UTM komersil lainnya. Fitur-fiturnya saya lihat cukup lengkap, seperti kemampuan statefull inspection, ada antispam(SpamAssasin) dan antivirusnya(clamAV), juga smtp proxy, pop3 proxy, sip proxy, web proxy-nya menggunakan squid server, juga ada vpn server menggunakan openvpn, kemampuan traffic shaping(masih sederhana), dhcp server, dll. Ditambah reportingnya yang saya kira cukup powerfull dan berguna, juga beberapa add-on seperti ntop, snort, spamfilter, dll. Selain itu ada fitur yang saya kira cukup penting, yaitu kemampuan Multi-Wan.

Versi terakhir sampai saat ini adalah versi 2.2 beta2. Versi beta ini memberikan editor untuk multiwannya, sehingga memudahkan kita untuk membuat konfigurasi dengan banyak vendor isp. Semoga versi stabil dari versi 2.2 segera dirilis. Kita tunggu saja...

6 comments:

komputer said...

betul mas, kita tunggu endian 2.2 nya .
klo buat 2 speedy bisa ngak ya???

Beni Santoso said...

ya mas achmad, saya sendiri sudah pakai untuk kantor dengan 2 line, kebetulan pakai 2 leased line, jalan dengan smooth, kalau speedy saya belum pernah coba, tapi harusnya basic-nya sama juga. Coba ditest dengan 1 speedy, kalau ok, pastinya dengan 2 speedy harusnya jalan.

Berkah Sehat Alami said...

Yang versi community, apa ada batasan user pengguna?

Beni Santoso said...

Tidak ada batasan untuk versi 2.1.2 ke bawah, untuk yang versi 2.2 seharusnya juga tidak ada batasan.

Mung Mulyana said...

Dulu saya sering pake IPCop dan Smoothwall. Satu kekurangan dari keduanya adalah fitur traffic shaping atau bandwidth management. Nah, yang ingin saya tanyakan, apakah EFW memberikan fitur IP-Based Queue? Untuk penggunaan di warnet kan enak jika tiap IP client di set batas maksimal download dan upload. Sekian dan terima kasih.

Beni Santoso said...

Fitur BW-nya juga masih sederhana, Biasanya rata-2 UTM(Unified Threat Management) seperti ini nggak punya BW yang bagus, pengalaman di kantor kita ada pake Fortigate yg merupakan UTM Komersil, juga tidak menyediakan BW yang Advanced, kalau UTM komersil yang lain saya kurang tahu. Mungkin Teman-2 yang lain bisa kasih masukan.

Untuk BW Management yang Opensource mungkin bisa coba mastershaper di http://www.mastershaper.org

Blog beni-santoso.blogspot.com telah memiliki alamat dan hosting baru dengan alamat www.benisantoso.info