Thursday, January 22, 2009

IP CCTV, CCTV berbasis Internet Protocol

Makin berkembangnya teknologi IP, juga merambah pada bidang monitoring dan sekuriti, salah satunya adalah CCTV. Dulu kita mengenal CCTV analog, kita hanya terpaku pada 1 tempat dengan 1 atau lebih monitor untuk memonitor, biasanya diletakkan pada ruang tersendiri, misalnya : ruang sekuriti/satuan pengaman(jika dikantor atau pabrik). Kita hanya bisa melihat dari ruang itu saja. Ini salah satu kelemahannya.

Dengan berkembangnya teknologi Internet, maka CCTV berbasis IP berkembang dengan pesat. Dengan IP CCTV kita bisa mengakses/ memonitor situasi dan kondisi suatu tempat, baik rumah, kantor, pabrik, ruang publik, seperti Mall, Rumah Sakit, Taman, Jalan, Terminal Bis, Bandara, dan masih banyak yang lainnya. Dari manapun kita bisa akses tanpa terkendala oleh tempat dan waktu, asal terhubung dengan Internet, kita bisa memonitornya. Tool untuk mengakses IP CCTV tidak harus PC, Notebook, tapi bisa juga gadgets seperti : HP maupun PDA. Asal HP maupun PDA mensupport Video Streaming.

Ada beberapa skenario jika kita ingin melakukan implementasi IP CCTV, pertama jika digunakan untuk konsumsi publik, seperti Jalan, untuk memantau lalu lintas di jalan(ini sangat diperlukan, mengingat kondisi macet di kota besar seperti Jakarta). Kedua, untuk konsumsi pribadi/personal, ini untuk memantau kondisi rumah, kita bisa memantau kondisi rumah dari kantor, luar kota bahkan luar negeri. Yang ketiga, untuk konsumsi profesional, untuk memantau kantor atau pabrik, dll.

Dari sisi security/keamanan di jaringan internet bisa dipasang firewall/VPN Server pada site-2 yang akan dipantau dari luar. Disertai dengan sistem autentikasi yang memadai. Maka impian untuk memantau dari manapun, situasi baik di rumah, kantor, pabrik, dll bisa terwujud.

Arsitekturnya secara garis besar dapat digambarkan sebagai berikut :

No comments:

Blog beni-santoso.blogspot.com telah memiliki alamat dan hosting baru dengan alamat www.benisantoso.info