Saturday, May 10, 2008

Open VPN, cara aman melakukan koneksi secara remote


Kalau boleh didefinisikan secara sederhana, VPN(Virtual Private Network) adalah suatu cara melakukan koneksi secara remote baik dari rumah, hotspot maupun dari tempat manapun ke lokasi remote lain dengan sambungan internet dimana seolah-olah kita terkoneksi ke LAN lokasi remote secara lokal dengan cara yang aman. Caranya dengan membangun tunel yang dienkripsi baik dengan user/password, sertifikat maupun dengan share secret key.

Salah satu solusi dari aplikasi VPN yang populer adalah OpenVPN. Aplikasi ini dikembangkan oleh James Yonan dan Francis Dinha. OpenVPN adalah solusi VPN open source berbasis SSL, yang mencakup area konfigurasi yang luas, dengan fitur : site ke site VPN, sisi sekuriti dari Wi-Fi, adanya solusi load balancing, failover, dll.

Model keamanan dari OpenVPN berbasis pada SSL, yang merupakan standar keamanan industri di internet. Selain itu OpenVPN mensupport OSI Layer 2 atau 3 dengan protokol SSL/TLS, mendukung autentikasi klien berdasar sertifikat, kartu pintar, dll. OpenVPN bukanlah sebuah aplikasi proxy berbasis web, dan dioperasikan tidak menggunakan web browser.

OpenVPN dapat dijalankan di sistem operasi Solaris, keluarga FreeBSD/Linux, MacOS dan Windows.

No comments:

Blog beni-santoso.blogspot.com telah memiliki alamat dan hosting baru dengan alamat www.benisantoso.info