Tuesday, March 4, 2008

Review MP3 Player YP- Z5FZB Samsung

YP -Z5FZB
MP3 Player Generasi Awal dari Samsung


Samsung sebagai pemain utama dalam industri elektronik terus menelurkan produk-produk terbaru, selain sudah punya nama di peralatan elektronik rumah tangga, telekomunikasi, kamera digital, TV, Printer dan produk gagdet lainnya. Samsung juga menelurkan banyak gadget yang trendy dan up to date, salah satunya yang akan saya bahas ini adalah produk MP3 Player seri YP-Z5FZB.

Produk ini mungkin juga bukan pesaing utama IPOD keluaran Apple, namun menurut saya dengan kemampuannya boleh dibilang cukup menjanjikan. Saya sendiri sudah menggunakan produk ini hampir 1 tahun dengan kapasitas 1 GB. Dan sampai saat ini berjalan OK. Beberapa kali MP3 Player ini mengalami jatuh secara tidak sengaja, juga tidak ada kerusakan yang berarti, player masih bisa dinyalakan. Ini salah satu bukti kekuatan dan keandalan dari produk Samsung ini.

YP-Z5FZB yang saya punya merupakan seri awal dari seri YP-Z5F. Memiliki pilihan kapasitas dari 1 GB, 2 GB sampai 4 GB. Dengan kualitas suara yang menurut saya cukup bagus, maka produk ini bisa menjadi pilihan bagi pemula seperti saya. Kualitas suara yang dihasilkan dimotori oleh teknologi DNSe(Digital Natural Sound engine) 3D Sound Technology keluaran Samsung. Untuk penggila Radio, Samsung juga menyediakan FM Tuner dengan frekuensi 87.5 - 108 MHz. Selain itu, jika kita ada ide yang tercetus mendadak bisa langsung direkam ke Player ini dengan fasilitas Voice Recording built-in yang disediakan oleh YP-Z5F. Produk ini mendukung format audio MP3 dan WMA, juga format gambar JPEG. Kita bisa set sebagai Wallpaper, gambar yang kita upload ke player.

Dari segi tampilan, sangat modern dan stylish, dengan tampilan yang sederhana, tombol navigasi yang minimalis dan mudah pengoperasiannya, merupakan nilai tambah tersendiri bagi produk ini. Pilihan warnanya ada 2 : Black dan Silver. Selain itu memiliki tampilan 1.8'' TFT LCD cukup lebar untuk mengakses menu dan gambar. Dengan ukuran produk yang mungil sekitar 42 x 89 x 11 mm dan berat produk ini kurang lebih 55 gr sehingga cukup enteng untuk ditenteng kemana-mana, tinggal masuk saku saja.

Produk ini memiliki kemampuan baterai yang cukup tahan lama bisa sampai 35 jam, diklaim sebagai MP3 Player terlama dalam pemakaiannya, selain itu jika ingin men-charge baterai kita tidak perlu menggunakan charger khusus, cukup gunakan konektor USB(USB 2.0) yang dibundel dengan produk ini untuk charge lewat notebook kita atau PC. Sayangnya pada waktu kita charge baterainya, kita tidak bisa memainkan player ini.

Kelengkapan asesoris yang dibundel oleh produk ini cukup standar, disediakan earphone dan konektor USB 2.0, juga ada software bundel dari Media Studio, untuk diinstall di PC atau Notebook. Pengaturan dan Administrasi file gambar atau audio di PC/Notebook bisa lewat software ini.

Kesimpulan : Secara keseluruhan produk ini cukup bagus dengan tampilan yang stylish dan modern, serta navigasi yang mudah dan dukungan format audio dan gambar standar. Juga kemampuan baterainya yang tahan lama dan kualitas suara yang cukup bagus dengan adanya teknologi DNSe 3D Technology. Produk ini cukup cocok untuk pemula dan memiliki budget yang tidak terlalu besar.

Spesifikasi Teknis YP-Z5FZB :
Dimensi : 42 x 89 x 11 mm
Berat : +/- 55 gr
Power : Builtin Power
Frekuensi FM : 87.5 - 108 MHz
Kapasitas RAM : 1 GB, 2 GB, dan 4 GB
Perlengkapan : User Manual, CD Instalasi, Earphone, Konektor USB 2.0

No comments:

Blog beni-santoso.blogspot.com telah memiliki alamat dan hosting baru dengan alamat www.benisantoso.info