Wednesday, October 22, 2008

Plugin-plugin Cacti

Kelebihan lain dari cacti adalah adanya plugin-plugin yang disediakan oleh komunitas yang cukup luas dari cactiusers.org.

Berikut list plugin cacti yang tersedia:
  • Boost : Untuk meningkatkan performance Cacti
  • Clog : Untuk menambah tab untuk melihat log Cacti
  • Discovery : auto discovery untuk mendeteksi snmp dari perangkat pada jaringan komputer diluar subnet yang ada.
  • Docs : Untuk membuat dokumen-2 di dalam Cacti
  • Flowviewer : Viewer untuk melihat aliran data yang dicapture oleh netflow pada router cisco.
  • Host Info : Menampilkan informasi tentang versi server Cacti
  • Login Mod : Untuk mengubah tampilan halaman login Cacti
  • Mac Track : melacak MAC Address dan Port pada perangkat yang mengaktifkan snmp
  • Monitor : memonitor kondisi up/down dari perangkat yang dimonitor, juga disertai alert suara.
  • Ntop : menampilkan aplikasi Ntop pada tab Cacti
  • Realtime : Menampilkan grafik cacti secara realtime setiap 5 detik.
  • Router Configs : Membackup dan menampilkan konfigurasi router
  • Settings : Seting dan konfigurasi Cacti
  • SSL : mengakses cacti dengan SSL
  • Syslog : Menampilkan syslog database Cacti
  • Thold : Menampilkan up down dari host
  • Tools : Tool untuk mengecek service HTTP FTP POP3 dan SMTP
  • Update : Menampilkan semua plugin yang terinstall dan untuk cek update terbaru

6 comments:

carolina said...

terima kasih pak atas postingan2 mengenai cacti nya.
kebetulan saya mengangkat cacti ini sebagai skripsi saya. dimana sekarang masih dalam proses pengerjaan.
jadi postingan bpk mengenai cacti ini sangatlah membantu saya. thx. ^^

Beni Santoso said...

Halo juga Carolina,
Terima kasih juga untuk pujiannya.
Saya berharap blog saya bermanfaat tidak hanya untuk Carolin, namun juga teman-teman ICT lainnya.

Salam

Administrator said...

sebelumnya, terima kasih atas jawabannya..

saya sedang berusaha untuk membuat template baru, sesuai data yang ingin saya tampilkan. saya tertarik dengan tulisan pak beni, ttg plugin. dan saya telah install salah satu plugin. yang saya ingin tanyakan, apakan pak beni pernah menginstall plugin thold, yang dapat mengirimkan email saat terjadi down ? apabila sudah apakah berhasil saat melakukan pengiriman email. terima kasih.

Beni Santoso said...

Halo Administrator, sorry baru bisa balas sekarang, Dulu saya pernah coba install plugin dan kalau nggak salah hasilnya Ok. Untuk Thold saya agak lupa apakah pernah coba atau belum.
Ssekarang saya belum pernah coba lagi untuk install plugin cacti, setelah saya upgrade cacti saya.
Apakah ada error messagenya? Coba digoogling.

carolina said...

selamat sore pak beni,

saya sedang mengalami permasalahan mengenai pengembangan cacti dalam skripsi saya.
saya menggunakan plugin thold untuk alerting via email dan sudah berhasil di komputer yang tanpa proxy. namun, ketika saya mencobanya di komputer lain yang menggunakan proxy, email tidak berhasil dikirim. apa cacti mempunyai settingan proxy sendiri? atau mengikuti proxy web browser yang digunakan?
oiya, kalau boleh tau, sejauh apa cacti yang bpk upgrade? fitur apa saja yang bpk tambahkan?
terima kasih ya, pak!
salam buat matthew pak! fotonya lucu2...

Beni Santoso said...

Halo Carolina,

Sory baru saya balas skrg, krn lagi banyak kerjaan di kantor 8--)). Seharusnya tidak ada hubungannya dengan proxy, ini maksudnya cacti diinstall di komputer yang berproxy ya? Email harusnya tidak ada hubungannya dengan proxy, kecuali email kliennya diseting dengan proxy.

Betul saya upgrade ke versi 0.8.7b, kebetulan karena cacti yg lama saya menggunakan vmware, dan space-nya sudah tidak mencukupi. Untuk fitur tidak terlalu banyak perubahan, hanya perbaikan bug-bug saja.

Ok, salam balik dari matthew.

Blog beni-santoso.blogspot.com telah memiliki alamat dan hosting baru dengan alamat www.benisantoso.info