Tuesday, June 2, 2009

Terkena Penyakit Gondongan(Mumps atau Parotis)

3 minggu lalu saya tertular gondongan dari anak saya. Semua keluarga saya terkena gondongan. Kronologisnya begini : Pertama anak pertama saya Matthew terkena gondongan, berikutnya adiknya Brevhart, baru saya, selanjutnya istri saya. Betul-betul suatu anugrah .

Yang agak parah terkena adalah Matthew, kedua rahang atau pipinya jadi gendut. Bisa dilihat pada gambar ini :
Pose Matthew lihat kedua pipinya

Sedangkan saya, brevhart dan istrinya cuma sebelah saja. Pipi kanan atau pipi kiri. Hanya Matthew yang pergi ke dokter dan diberi antivirus dan obat turun panas. Sedangkan saya, brevhart dan istri tidak ke dokter. Brevhart hanya minum obat turun panas. Sedang saya dan istri hanya minum panadol dan vitamin serta istirahat saja di rumah. Total saya tinggal dirumah hampir 1 mingguan. Dan betul-betul kempes sekitar 10 hari. Saya paling lama kempes-nya hehehe. Matthew 1 minggu, Brevhart lebih cepat, hanya 6 hari dan bengkaknya tidak besar, sedang Trully 3 hari saja, mungkin karena dia sudah pernah kena waktu kecil. Jadi antibodinya sudah ada.
Brevhart yang kena gondongan, lihat pipi bagian kiri

Gejala Gondongan yang saya alami adalah pertama badan agak meriang, baru disusul demam tinggi, kira-kira 2 hari lamanya. Saya sempat masuk kerja waktu badan meriang dan demam tinggi. Setelah itu mulai terasa bagian rahang agak kaku dan susah digerakkan. Baru pada hari ketiga pipi jadi bengkak. Bengkak besar 2 hari lamanya. Betul-betul tersiksa pas lagi makan. Kayak sakit gigi dan rahang seolah-olah dibogem mentah hahaha. Baru hari ke 4 dan seterusnya pipi mulai berangsur-angsur kempes.

Saya sempat cari di google dengan kata kunci gondongan. Menemukan artikel tentang gondongan, berikut salah satu ringkasan-nya :

Penyakit Gondongan, nama kerennya Mumps atau Parotitis adalah suatu penyakit menular dimana sesorang terinfeksi oleh virus Paramyxovirus yang menyerang kelenjar ludah(kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah.

Gondongan cenderung menyerang baik anak-anak maupun orang dewasa, infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya. Penularannya melalui kontak langsung, percikan ludah, muntahan. Seseorang yang pernah menderita penyakit gondongan, maka dia akan memiliki kekebalan seumur hidupnya.

Masa tunas (masa inkubasi) penyakit Gondong sekitar 12-24 hari dengan rata-rata 17-18 hari. Adapun tanda dan gejala yang timbul setelah terinfeksi dan berkembangnya masa tunas dapat digambarkan sebagai berikut :
  1. Pada tahap awal (1-2 hari) penderita Gondong mengalami gejala: demam (suhu badan 38.5 – 40 derajat celcius), sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, nyeri rahang bagian belakang saat mengunyah dan adakalanya disertai kaku rahang (sulit membuka mulut).
  2. Selanjutnya terjadi pembengkakan kelenjar di bawah telinga (parotis) yang diawali dengan pembengkakan salah satu sisi kelenjar kemudian kedua kelenjar mengalami pembengkakan.
  3. Pembengkakan biasanya berlangsung sekitar 3 hari kemudian berangsur mengempis.
  4. Kadang terjadi pembengkakan pada kelenjar di bawah rahang (submandibula) dan kelenjar di bawah lidah (sublingual). Pada pria akil balik adalanya terjadi pembengkakan buah zakar (testis) karena penyebaran melalui aliran darah.
Hampir kebanyakan orang yang menderita gondongan akan pulih total tanpa obat apapun, tetapi kadang gejalanya kembali memburuk setelah sekitar 2 minggu. Keadaan seperti ini dapat menimbulkan komplikasi, dimana virus dapat menyerang organ selain kelenjar liur. Hal tersebut mungkin terjadi terutama jika infeksi terjadi setelah masa pubertas.
Pengobatan ditujukan untuk mengurangi keluhan (simptomatis) dan istirahat selama penderita panas dan kelenjar (parotis) membengkak. Dapat digunakan obat pereda panas dan nyeri (antipiretik dan analgesik) misalnya Parasetamol dan sejenisnya.

Penyakit gondongan sebenarnya tergolong dalam "self limiting disease" (penyakit yg sembuh sendiri tanpa diobati). Penderita penyakit gondongan sebaiknya menghindarkan makanan atau minuman yang sifatnya asam supaya nyeri tidak bertambah parah, diberikan diet makanan cair dan lunak.

Jika pada jaman dahulu penderita gondongan diberikan blau (warna biru untuk mencuci pakaian), sebenarnya itu secara klinis tidak ada hubungannya. Kemungkinan besar hanya agar anak yang terkena penyakit Gondongan ini malu jika main keluar dengan wajah belepotan blau, sehingga harapannya anak tersebut istirahat dirumah yang cukup untuk membantu proses kesembuhan.
Pemberian vaksinasi gondongan merupakan bagian dari imunisasi rutin pada masa kanak-kanak, yaitu imunisasi MMR (mumps, morbili, rubela) yang diberikan melalui injeksi pada usia 15 bulan.

Imunisasi MMR dapat juga diberikan kepada remaja dan orang dewasa yang belum menderita Gondongan. Pemberian imunisasi ini tidak menimbulkan efek panas atau gejala lainnya. Cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar Iodium, dapat mengurangi resiko terkena serangan penyakit gondongan.

16 comments:

TS MKO said...

tq infonya, saya lagi kena gondong sekarang neh, kalau dibuat ngunyak makanan sumpe sakitnya luar biasa, kayak di tonjok tyson

PDGI LUWU TIMUR said...

Apakah kalau sudah terkena penyakit gondongan mungkinkah akan terkena untuk kedua kalinya,,soalnya Teman kerja saya terkena penyakit tersebut , takutnya tertular ke saya

Unknown said...

Ga ada hubungan sama sekali dengan konsumsi iodium, karena kelenjar yang mengalami radang buka kelenjar tiroid, tetapi kelenjar parotis (kelenjar liur mayor).

Beny Abdurrahman said...

Thanks sharenya, bener2 panik awalnya tahu muka jadi lebam2 kaya abis ditonjokin. Ternyata bisa sembuh sendiri, cuman butuh sabar aja, sama istirahat full, kayanya semingguan bakal libur nih

Beny Abdurrahman said...

Thanks sharenya, bener2 panik awalnya tahu muka jadi lebam2 kaya abis ditonjokin. Ternyata bisa sembuh sendiri, cuman butuh sabar aja, sama istirahat full, kayanya semingguan bakal libur nih

Si Anu said...

Terimakasih untuk sharing dan informasinya. Khusus untuk ibu hamil yang mempunyai penyakit gondok atau gondongan, dapat mengunjungi sumber link pengobatan ini Obat Gondok Pada Ibu Hamil .

Unknown said...

saya dari hari minggu kmren kena gondongan tapi knp blm kempes juga malah klw habis mkn rasa nya kaya di tarik" keras bgt dan di dlm nya itu kelenjar nya keras kaya batu gitu apa bgtul itu gondongan

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Saya hari minggu tggl 25 kemarin kena gondongan, smpai hari ini jg belum sembuh, awalnya sebelah kiri lalu tdk berapa lama pada hari itu jg kena ke kanan, jdi sekarang tulang rahang pipi saya tepatnya dibwah telinga bengkak dan keras,saat mengunyah atau tdk kdang kepala saya nyeri dan hilang begitu saja, kmrin hari selasa sya menstruasi,apa gpp?apakah ini benar trmsuk gondongan? trmksh

Licka said...

Saya sudah 4 hari kena gondongan tp bengkaknya blm kempes". Malah kedua pipi saya tambah membesar. Minum obat demam, antibiotik sudah bahkan kata org pakai blao sudah sy lakukan. Apakah sy termasuk org yg lama sembuh penyakit gondongan?Beda dgn anak sy yg 3 minggu lalu sudah terkena duluan hanya 5 hari sembuh total.Tolong penjelasannya?

Unknown said...

Saya juga merasakan hal yang sama, gimana penanganan nya ya?

kalajengking ngampus said...

Kenapa masih lucu muka anaknya pas kena gondongan😂

Ulie_Dr Nala said...

Berapa lama bengkaknya kempes mba? Saya sudah mau 4hari tp malah makin bengkak kanan kiri

HAPPY EDUCATION (new!) said...

Waaah thanks infonyaa mantap. Intinya istirahat total dlu seminggu biar nggak menularkan pada yg lain.

Unknown said...

Manfaat bangettttt..... Trims ya

Unknown said...

sy sedang mengalaminya.rasanya persis seperti artikel diatas

Blog beni-santoso.blogspot.com telah memiliki alamat dan hosting baru dengan alamat www.benisantoso.info