Friday, February 1, 2008

Akses web site menggunakan anonymous web proxy

Mungkin kita sering mengalami situs yang kita mau kunjungi tidak bisa diakses alias diblock, baik di kantor, di sekolah, di kampus, di bandara, di cafe dan lain-lain, ini karena policy yang diterapkan oleh admin firewall, atau kasus lain jika kita ingin ip address publik kita tidak diketahui secara langsung alias tersembunyi dari luar, demi alasan keamanan atau privasi, karena banyak website sering mematai-matai aktivitas browsing kita di internet bahkan merekam informasi pribadi kita, maka anonymous web proxy ini yang kita cari sebagai solusinya.

Banyak sekali web proxy - web proxy yang free bertebaran di internet yang bisa kita gunakan, contohnya seperti : www. proxy.org, www.ninjaproxy.com, www. anonymouse.org, www.guardster.com, dan masih banyak yang lainnya, untuk melihat list proxy dapat masuk ke situs www.multiproxy.org atau ke link ini. Di satu sisi ini menyenangkan bagi kita untuk bisa bebas melakukan browsing ke manapun yang kita mau(asal anonymous web proxy ini tidak diblok oleh admin firewall) namun menurut saya pribadi juga mengandung kerentanan dari sisi keamanan, karena saya pikir bisa terjadi penyalahgunaan wewenang untuk menyadap informasi pribadi kita jika yang empunya web proxy itu memiliki itikad yang kurang baik. Maka tidak disarankan menggunakan web proxy anonymous ini jika kita melakukan transaksi online atau yang berhubungan dengan akses pribadi kita yang melibatkan user dan password.

Menurut proxy.org ada 4 jenis web proxy, yaitu : pertama, web based proxy, ini dibangun dengan CGI Proxy, PHProxy atau skrip proxy yang sudah dikustom. Biasanya kita tidak perlu mendownload atau menginstall program untuk menggunakannya, semua sudah diproses oleh server proxy sendiri yang memanipulasi permintaan dari klien. Yang diperlukan cuma sebuah web browser saja. Contoh jenis ini adalah : www.ninjaproxy.com.

Yang kedua adalah open proxy, menggunakan http atau sock proxy, yang dibutuhkan juga cuma web browser, cuma kita perlu melakukan setting proxy di browser kita. Namun kecenderungannya open proxy lebih tidak aman dan sering disalahgunakan untuk tujuan kejahatan internet, seperti credit card fraud, pay-per-click fraud, dll. Contohnya : Socksify.

Yang ketiga adalah jenis Network Proxy, ini mirip dengan model peer to peer, karena proxy-proxy anonymouos saling berhubungan membentuk jaringan proxy bersama, listnya bisa dilihat di sini.

Yang keempat adalah jenis Software Proxy, jenis ini butuh pendaftaran, dan biasanya ada klien softwarenya.

Untuk menggunakan anonymoous web proxy sangat mudah, kita hanya perlu memasukkan alamat website yang ingin kita kunjungi. Ada juga yang perlu memilih proxy mana yang mau kita pakai, jika proxy itu memiliki banyak proxy atau seperti jenis ke 3 diatas.

Berikut screenshot beberapa anonymoous web proxy :

www.ninjaproxy.com

www.anonymouse.org


www.guardster.com


www.secuproxy.com

No comments:

Blog beni-santoso.blogspot.com telah memiliki alamat dan hosting baru dengan alamat www.benisantoso.info