Tuesday, February 26, 2008

Online Office Suite gratisan yang populer di Internet

Jika kita melihat trend ke depan penggunaan office suite(word processor, spreadsheet, dan presentation) mengarah ke online berbasis layanan web. Di luar Indonesia dengan kecepatan internet yang bagus dan harga sewa internet yang murah memungkinkan pengolah kata, atau spreadsheet maupun presentation online digunakan secara meluas dan menjadi populer. Kebalikannya di Indonesia dengan kecepatan internet yang ada seperti sekarang ini dan biaya yang masih mahal menjadi kendala tersendiri. Tapi tak ada salahnya kita sudah harus mulai melirik dan mencoba layanan seperti ini, yang ke depannya, cepat atau lambat akan menjadi trend. Karena apa, karena kita tidak perlu melakukan instalasi apapun di komputer kita untuk menjalankan aplikasi office ini. Hanya butuh Web Browser saja, paling-paling kita harus menambah aplikasi Java saja, jika aplikasi office itu memang menggunakan Java sebagai platformnya.

Layanan Office Online yang cukup populer salah satunya adalah Writely, sekarang sudah dibeli oleh Google, bermetamorfosis menjadi Google Docs. Selain itu ada ThinkFree yang merupakan pelopor dari layanan ini, softwarenya berbasis Java. Ada lagi Ajaxwrite yang merupakan office suite yang dibesut oleh Michael Robertson, yang merupakan pendiri dari Linspire dan MP3.com. Yang terakhir adalah Zoho Writer, menyediakan banyak layanan, selain ketiga layanan dasar diatas, juga menyediakan layanan Mail/Collaboration Groupware, Project Management, CRM, Aplikasi Database dan Reporting, juga ada Chat, Web Conference, dan Organizer. Antarmukanya juga cukup bersih dan simple. Hampir semuanya kecuali AjaxWrite, menggabungkan banyak fasilitas yang mereka miliki, mulai dari blog, groupware kolaborasi, penyimpanan file data dan foto, chating, dll. Fasilitas seperti ini juga disediakan oleh Microsoft, melalui produknya Microsoft Office Live Workspace, saya singkat MOLW. MOLW setelah saya lihat kelihatannya hanya menyediakan fasilitas penyimpanan file/data, dan kolaborasi saja.

Hampir semua dari layanan ini masih dalam tahap pengembangan jadi masih akan berkembang terus. Namun asyiknya semuanya masih free, oleh karenanya kita bisa mencoba dan merasakan fitur-fitur yang tersedia. Semuanya memiliki kompatibilitas dengan file berformat Microsoft Office yang sekarang merupakan penguasa pangsa pasar office suite di dunia. Hanya AjaxWrite yang tidak mendukung format Microsoft. Rata-rata juga bisa melakukan import dan export data, kecuali AjaxWrite. Export data yang didukung biasanya adalah : Microsoft Office, OpenOffice, PDF, RTF, HTML dan TXT. Selain itu biasanya kita juga mendapat fasilitas untuk menyimpan file data kita di server mereka, besarnya bervariasi, dari 1 GB(ThinkFree) sampai tak terbatas seperti Google.

Untuk menggunakan fasilitas layanan mereka, biasanya kita harus melakukan pendaftaran untuk mendapatkan account dan password(kecuali untuk AjaxWrite kita tidak perlu mendaftar bisa langsung memakainya, namun tidak mendapat fasilitas penyimpanan data), dan jika sudah mendapat user dan passwordnya kita bisa menggunakan semua layanan yang mereka sediakan. Untuk Google Docs, jika kita sudah mempunyai email Gmail atau account di blogspot, kita tidak perlu melakukan pendaftaran lagi.

Beberapa Screenshot Office Suite Online :
:

Word Processor Google Docs


Word Processor Think Free

Word Processor Zoho

Word Processor AjaxWrite

No comments:

Blog beni-santoso.blogspot.com telah memiliki alamat dan hosting baru dengan alamat www.benisantoso.info