Sunday, February 10, 2008

Keyakinan bahwa semua pekerjaan bernilai seni

Waktu saya membaca buku berjudul Artful Work karya Dick Richards, saya memperoleh pencerahan baru tentang arti pekerjaan sesungguhnya. Dalam buku ini, banyak dikupas tentang pekerjaan dari sisi seorang seniman. Pandangan-pandangan atau konsep dasar tentang pekerjaan yang konservatif diobrak - abrik oleh konsep baru yang diusung oleh Dick Richards. Dick mengemukakan paradigma baru tentang pekerjaan, sehingga membuat kita hidup bergairah dalam setiap pekerjaan yang kita tekuni, apapun jenis pekerjaan kita, berpikirlah seperti seorang seniman! Itulah ajakan Dick pada kita.

Berikut bebarapa paradigma baru dalam hal bekerja yang patut kita renungkan dan jalani dalam hidup ini yang saya cuplik dari bukunya.
  1. Semua pekerjaan dapat bernilai seni, jadi saya akan bercita rasa seni dalam bekerja.
  2. Imbalan untuk pekerjaan bernilai seni ada dalam pelaksanaannya, jadi saya akan melakukan pekerjaan saya dengan cita rasa seni dan merasa mendapatkan imbalan.
  3. Ambisi pekerjaan bernilai seni adalah sukacita, jadi saya akan mencari pekerjaan yang mendatangkan sukacita.
  4. Semua pekerjaan adalah pekerjaan spiritual jadi saya akan bekerja untuk memelihara roh saya.
  5. Untuk dapat bercita rasa seni, saya harus memiliki proses kerja saya sendiri, maka saya akan menyatakan kepemilikan itu.
  6. Pekerjaan bernilai seni memerlukan pemanfaatan diri, jadi saya akan memanfaatkan diri saya -- seluruh diri saya: tubuh, pikiran, perasaan, dan roh -- untuk mengejar kesadaran yang memusatkan.
  7. Sebagaimana seniman menciptakan karya, karya menciptakan seniman, jadi saya akan mengakui apa yang sedang diciptakan dan menemui apa yang sedang berjuang untuk diciptakan.

No comments:

Blog beni-santoso.blogspot.com telah memiliki alamat dan hosting baru dengan alamat www.benisantoso.info