Tuesday, February 12, 2008

Apache, MySQL dan PHP dalam 1 bundel

Anda seorang developer web? Tapi tidak suka ngoprek-ngoprek instalasi webserver apache, database mysql dan bahasa web programming php di server linux. Ada solusi yang gampang dan cepat, tinggal download dan install software bundel ini yang tersedia di windows maupun di linux. Software bundel ini cukup banyak jenis dan variasinya di internet, 2 yang sudah saya coba adalah Xampp dan WampServer, dua-duanya melakukan bundel pada ketiga perangkat lunak untuk web developer diatas. Keduanya memiliki kemudahan dalam instalasi dan konfigurasi, bedanya Xampp lebih komplit, karena menyediakan banyak add-on tambahan yang langsung dibundel, ya akibatnya filenya jadi membengkak lebih besar. Dibanding Wamp yang cuma 20 MB, ukuran Xamp lebih besar bisa sampai 30 MB-an walaupun Xampp juga menyediakan yang versi lite.

WampServer

Wamp merupakan Web Development Tool yang terdiri dari Apache, MySQL dan PHP, ditambah PHPMyAdmin dan SQLiteManager. 2 tool terakhir fungsinya untuk mengelola database MySQL. Kelebihan Wamp selain ukuran file yang kecil juga memiliki kemampuan menambah add-on versi lain dari Apache, MySQL maupun PHP selain yang sudah ada. Add-on itu sendiri bisa didownload di sini.


Xampp
Xampp juga sama merupakan web development tool, yang terdiri dari Apache, MySQL, PHP, dan beberapa add-on yang langsung dibundel jadi satu, seperti : PROFTPD FTP Server(untuk linux), Filezilla FTP Server(untuk yang versi windows), Webalizer, phpMyAdmin, SQLite, dll. Beberapa add-on yang terpisah seperti Perl dan Tomcat juga disediakan oleh xampp.
Xampp sendiri memiliki kemudahan dengan tersedianya kontrol panel yang mudah dan look and feel tampilannya.

Selain itu jika developer ingin mencoba program di versi php 4, xampp menyediakan tool PHP Switch, fungsinya untuk mengubah ke php versi 4, default dari php yang dipakai oleh xampp sendiri adalah php versi 5.

No comments:

Blog beni-santoso.blogspot.com telah memiliki alamat dan hosting baru dengan alamat www.benisantoso.info